6/recent/ticker-posts

Punya Sosmed Untuk Apa? Yuk, Tanya Ndoro Kakung


Pernahkah teman-teman berpikir, mengapa kita memiliki sosial media? Mengapa banyak orang menggunakan sosial media? Banyak sekali sosial media di sekitar kita , ada youtube, instagram, tik tok, facebook, twitter dan sebagainya. 

Saya masih sangat ingat, dulu waktu masih SMA (saya SMA di Gunungkidul) saat itu masih jarang sekali anak yang memiliki komputer di rumah. Jadi setiap hari sabtu, sepulang sekolah saya akan mampir warnet (warung internet) untuk berinternetan hehehe. Dulu sosial media yang saya tahu hanyalah friendster, apakah teman-teman masih ingat? Sering sekali berlama-lama di warnet untuk mempelajari cara membuat template friendster agar eye catching di mata orang lain. Dengan friendster saya memiliki banyak teman maya, dan kami sering bertukar pesan dengan yahoo messanger maupun ebuddy. (Sekarang masih ada tidak, ya) Saat itu, saya tidak memiliki tujuan spesifik menggunakan sosial media. 



Ndoro Kakung (Nama asli beliau adalah Wicaksono) memaparkan tips membangun sosial media yang sukses pada kuliah umum pembaTIK level 4 ini. Inilah rangkuman penjelasan beliau. 
Data pengguna sosial media pada Januari 2020 di Indonesia mencapai 272 juta populasi (wow). Hal ini tidaklah mengherankan, apalagi di masa pandemi sekarang ini orang-orang semakin banyak menggunakan sosial media. Hampir semua kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan sosial media.

Saat ini internet bukanlah hal yang asing. Karena semua orang bisa mengakses internet. Menurut penelitian, orang Indonesia bisa mengakses internet selama 4 jam 46 menit. Tentu saja pemakaian internet ini sesuai dengan ketersediaan sinyal internet di daerah masing-masing. Sosial media adalah tempat untuk orang-orang bermedia, baik mengungkapkan perasaan, menyampaikan ide, komentar, informasi, produk, layanan dan lain-lainnya. 

Apa saja faktor yang menentukan kesuksesan sosial media?

1. Konten

Konten yang baik adalah yang berpengaruh dan membujuk orang dengan dipasarkan/dipublikasikan.

2. Pemasaran/Marketing.

Saya sudah memiliki sosial media, lalu apa yang harus saya lakukan? Ketika memiliki sosial media maka pilihlah salah satu platform sesuai kemampuan/ketrampilan kita. Jika terampil menulis, maka pergunakan blog. 

Setelah memiliki sebuah sosial media maka beberapa hal yang dapat kita pertimbangkan antaralain :

1. Memilih platform

2. Optimalisasi Bio

3. Produksi menulism fotom video dan infografik

4. Penjadwalan postinga

5. Penyesuaian dengan Algoritma.

6. Pemanfaatan tanda pagar/tagar.

Ketika pemasaran/marketing beberapa hal yang dapat kita optimalkan antaralain personal branding (citra diri kita di mata orang lain), mengoptimalisasi akun sosial media, mengoptimalisasi website/blog, iklan, email dna kolaborasi (Affiliate).

 Di bawah ini 10 kiat agar sosial media kita populer dan dapat menaikkan personal branding. Yuk simak kiat-kiat berikut ini.

1. Tetapkan tujuan yang masuk akal. Saat kita sudah menentukan tujuan kita menggunakan sosial media, maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana/planning.

2. Harus menemukan target konsumen/target sasaran

3. Jadilah diri anda sendiri!

4. Jari jejaring bukan pengikut. Janganlah mementingkan jumlah pengikut namun kualitas pengikut.

5. Membuat jadwal editorial. Merencanakan jadwal penerbitan secara teratur akan melatih kedisiplinan.

6. Fokus membantu orang lain menyelesaikan masalah. Buatlah konten yang memberi solusi jawaban, membantu orang untuk menyeleaikan masalah.

7. Berinteraksi dengan khalayak. Sosial media bukanlah koran dinding, namun ruang percakapan publik. Berinteraksi dengan khalayak dan positif.

8. Berkreasi dengan konten visual. Apapun konten anda, harus menarik secara visual.

9. Mempromosikan diri sendiri, buatlah kehadiran anda diketahui umum. Buat konten dan sebarkan.

10. Selalu Aktif. Akun sosial media bukan kubutan, produksilah dan unggahlah konten secara teratur. Tidak harus setiap hari.

Demikian tips dan trik agar memiliki sosial media yang sukses. Banyak sekali ilmu tentang menyukseskan sosial media agar sukses. Pesan terakhir Ndoro Kakung adalah "FOKUS, DISIPLIN DAN TERUS BERLATIH KEMAHIRAN DALAM BERSOSIAL MEDIA".

 Untuk menonton rekaman kuliah umum teman-teman bisa menonton di tautan link berikut ini. https://youtu.be/O4mcQeG--Ew

Posting Komentar

0 Komentar