6/recent/ticker-posts

Membuat Video Pembelajaran dengan Powerpoint dan Camtasia

 


Sebagai guru tentu kita tidak asing lagi dengan media pembelajaran berupa video. Bahkan selama masa pandemi ini, hampir setiap guru menggunakan video pembelajaran untuk membantu proses belajar mengajar jarak jauh. Kali ini, saya akan berbagi dengan teman-teman cara membuat video pembelajaran versi saya (hehehe, mohon maaf sebelumnya, ya). Nah, program yang saya gunakan adalah Powerpoint dan Camtasia. Sebelum itu, mari kita ulas kembali pengertian video pembelajaran, ya. Materi ini saya ringkas dari modul 10, Pembuatan Media Video Pembelajaran pada kegiatan pembaTIK Level 3 tahun 2020. 

Arief S. Sardiman menyatakan video adalah media audio visual yang menampilkan gambar dan suara. Video pembelajaran adalah suatu media video yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik.

Karakteristik media video pembelajaran antaralain sebagai berikut.

1. Menampilkan gambar dengan gerak serta suara secara bersamaan

2. Mampu menampilkan benda yang sangat tidak mungkin ke dalam kelas karena terlalu besar, terlalu kecil, terlalu abstrak, terlalu rumit, terlalu jauh dan lain sebagainya.

3. Mampu mempersingkat proses, misalnya proses penyemaian padi hingga panen.

4. Memungkinkan adanya rekayasa (animasi)

Dalam membuat video pembelajaran, ada tiga tahapan yang dilalui yaitu merancang media video, produksi dan tahap terakhir adalah pasca produksi.

Dalam membuat video pembelajaran terlebih dahulu saya akan menganalisis materi berdasarkan kurikulum, baik analisis KD serta indikator. Setelah mengkaji materi, saya akan membuat storyboard video pembelajaran yang akan diproduksi. Tahap selanjutnya adalah produksi, Nah, dalam hal ini hal yang saya lakukan adalah membuat materi presentasi ke dalam program powerpoint terlebih dahulu. Tidak lupa saya melengkapi dengan animasi yang menarik dalam powerpoint tersebut.

Ketika materi dalam powerpoint sudah selesai, saya akan merekam menggunakan recorder dari Camtasia. Setelah selesai perekaman, video tersebut saya editing di program Camtasia. Untuk lebih jelasnya, teman-teman dapat melihat penjelasan di bawah ini. 



Posting Komentar

0 Komentar